Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak

Ditulis oleh: -
Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak - Sekolah adalah tempat anak-anak kita belajar.Tapi perlu diingat sekolah hanyalah diberi tanggung jawab untuk mendidik anak-anak secara intelektual.Sedangkan tanggung jawab moral ada di tangan orangtuanya. Pernahkah kita melihat banyaknya anak-anak sekolah yang tawuran? hati kita miris sekali melihatnya dan kita pasti berpikir capek-capek orangtuamu bekerja mencari rezeki agar bisa membiayai kau sekolah, ternyata kamu berbuat tindakan tak terpuji nak? Kita tentu tidak ingin melihat anak-anak kita menjadi brandalan dijalan bukan ?

Disinilah peran Keluarga dalam hal ini orang tua dalam mendidik anak-anaknya.Seringkali kita berpikir anak kita di rumah baik-baik saja sopan taat beribadah,tapi belum tentu.Bisa saja anak di rumah baik dan sopan tapi diluar ternyata berbuat tindakan yang negatif.Anak bersikap demikian bisa jadi karena orangtuanya yang salah dalam mendidiknya.Kesalahan orang tua adalah terlalu memaksakan kehendaknya pada anak

Orang tua hendaknya tidak memaksakan kehendaknya dalam pendidikan anak Janganlah orang tua memaksakan kehendak anak dipaksa untuk pintar.Anak bukan untuk menjadi pintar tapi menjadi sesuai dengan yang keinginannya.Jika anak tidak berprestasi di sekolah lihatlah bakat apa yang dimiliki si anak.JIka bakatnya yang menonjol.Dukunglah bakat si anak agar anak menjadi dirinya sendiri.

Jika anak memiliki bakat musik.Dukunglah anak anda agar bisa menjadi seorang pemusik yang hebat Jika anak senang olahraga dukungnglah bakatnya menjadi olahragawan.Jika kita mendukung bakat anak maka anak akan berkembang sesuai dengan yang dia inginkan.

Orangtua hanyalah sebagai pendorong motivasi suksenya anak dan bukan memaksakan kehendaknya sendiri.Biarkan anak menjadi dirinya sesuai apa yang diinginkan.Jika anak anda berprestasi di luar sekolah tentu anda selaku orang tua akan bangga.Jadi jangan paksa anak mengikuti apa yang orang tua mau biarkan anak mengikuti yang mereka Mau karena anak anda adalah harta anda yang paling berharga melebihi uang dan emas sekalipun. Disinilah peran penting orangtua dalam Pendidikan anak.Dukunglah mereka dalam belajar dan dukung pula bakatnya.