Cara mengatasi rasa malas belajar

Ditulis oleh: -
Suatu kegiatan yang tidak boleh dilupakan atau ditinggalkan seorang siswa adalah belajar. Seorang siswa dituntut belajar lebih giat agar dapat mencapai apa yang dicita citakannya. namun tidak jarang seorang siswa dihinggapi suatu kondisi dimana seorang siswa enggan atau malas untuk belajar, nah ..kalau sudah begini jangankan untuk membuka buku menyentuhpun terasa beraaat sekali.

Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut larut karena kalau dibiarkan tentu saja akan berpengaruh pada prestasi siswa disekolah. Langkah pertama yang harus dilakukan siswa adalah mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab siswa menjadi malas untuk belajar, persis seperti yang dilakukan oleh dokter dalam mendiagnosa suatu penyakit, selanjutnya menentukan obat yang pas untuk mengatasai penyakit tersebut.

Banyak sekali penyebab siswa menjadi malas belajar baik itu dari fakto luar maupun faktor dari dalam siswa tersebut misalnya : faktor lingkungan yang kurang mendukung dimana banyak teman dirumah yang hobi bermain dibandingkan belajar , siswa yang tidur hingga larut malam tentu akan berpengaruh keesokan harinya yaitu mudah mengantuk dan berpengaruh pada kestabilan emosi, beban pelajaran disekolah yang terlau banyak juga dapat menyebabkan siswa menjadi malas belajar dll.

Setelah mengetahui hal hal yang menyebabkan siswa menjadi malas belajar baru lah dicari solusi untuk mengatasi secepatnya karena rasa malas tidak boleh dibiarkan berlarut larut menghinggapi siswa karena dapat menyebabkan penurunan prestasi belajar.

Satu hal yang perlu diingat oleh siswa adalah siswa harus pandai memotivasi dirinya sendiri untuk secepatnya keluar dari rasa malas belajar dan harus mempunyai pedoman bahwa "Belajar adalah kunci sukses siswa dalam menggapai cita cita" .. "kalau tidak belajar mana mungkin bisa sukses" ..sehingga apapun yang terjadi tidak akan mempengaruhi semangat siswa dalam belajar.

Untuk mendukung dan menjaga semangat belajar, siswa perlu melakukan hal hal seperti : membiasakan pola hidup disiplin karena orang yang mempunyai disiplin yang tinggi hidupnya akan lebih teratur dan terarah, rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Mudah mudahan  tips ini dapat berguna bagi siswa dalam mengatasi rasa malas belajar. Selamat Belajar Semoga Sukses!